LUMBUNG

LATAR BELAKANG

Sangat menarik dan menantang, apabila kita memahami perubahan eksponensial yang terjadi di sekililing kita saat ini dan kita mampu menyiapkan diri sejak saat ini untuk ikut berselancar dalam perubahan tersebut. Yang menarik adalah, para ahli berpendapat bahwa apabila kita ingin semakin “bersinar” di era perubahan eksponensial ini kita wajib memiliki ABUNDANCE MINDSET.

Cara berpikir yang berkelimpahan. Mudah menolong orang lain, mensupport dan mempermudah urusan banyak orang, menebar kebaikan, berbagi ilmu dan manfaat.

Orang-orang yang memiliki scarcity mentality (lawan dari abundance) boleh jadi bisa memenangkan persaingan di masa lalu namun akan tergilas zaman di masa yang akan datang.

Era perubahan eksponensial membuat segalanya berlimpah, maka tidak layak ada orang yang masih berpikir bahwa segala sesuatu di dunia ini terbatas, hal yang baik tidak cukup jika dibagi ke semua orang, inilah scarcity mentality yang sangat tidak compatible di era yang berkelimpahan.

Rachmat Kurniawan, SE. – Ketua Yayasan Lumbung Usaha Mandir


FAKTA

Dari 58,95 Juta UMKM di Indonesia, ternyata hanya 7,2 Juta UMKM yang telah memanfaatkan Teknologi Digital dalam kegiatan usahanya. Sungguh memprihatinkan…

Latar pemikiran diataslah yang menjadi dasar untuk melahirkan sebuah Unit Pengembangan Potensi, pada tanggal 17 Februari 2019.

Unit Pengembangan Potensi diberi nama “LUMBUNG”. Seiring dengan harapan, agar LUMBUNG dapat menjadi sebuah wadah besar yang dapat menyimpan, mengumpulkan dan mengembangkan berbagai potensi manusia dan alam, yang pada akhirnya nanti setelah melewati proses yang panjang maka potensi-potensi tersebut akan dapat digunakan untuk kemanfaatan dan kepentingan bersama.

Seiring dengan perjalanan waktu kini LUMBUNG memutuskan untuk memiliki legalitas hukum dan menjadi YAYASAN LUMBUNG USAHA MANDIRI pada Tanggal 28 November 2019, sesuai AKTA Pendirian Notaris No. 184 dan sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI No. AHU-0017789.AH.01.04 Tahun 2019.


TUJUAN

YAYASAN LUMBUNG memiliki tujuan Jangka Pendek dan Jangka Panjang :

A. TUJUAN JANGKA PENDEK

  • Membuka mindset dan paradigma masyarakat umum, khususnya yang ada di desa, tentang pentingnya digitalisasi bisnis usaha.
  • Berbagi pengetahuan dan kemampuan teknis dalam bidang Bisnis Online.
  • Menjadi triger/pemicu munculnya wirausaha-wirausaha digital baru Indonesia.
  • Membentuk pondasi data dan jaringan bisnis bersama.

B. TUJUAN JANGKA PANJANG

  • Menghasilkan wirausaha digital baru Indonesia, khususnya dari basis mayarakat desa.
  • Menghasilkan berbagai produk aplikasi digital yang dapat memudahkan dan membantu pemasaran produk masyarakat, khususnya masyarakat pedesaan.
  • Menghasilkan berbagai produk E-Learning yang mampu memberikan edukasi bagi masyarakat luas.
  • Melakukan kegiatan Penelitian dan Pengembangan Produk Unggulan Desa.

KEGIATAN

YAYASAN LUMBUNG memiliki beberapa kegiatan :

  1. Kegiatan Pelatihan (workshop) Bisnis Online dan Digital Marketing untuk remaja dan masyarakat umum.
  2. Kegiatan Pendampingan dan Mentoring Bisnis Online dan Kewirausahaan.
  3. Kegiatan pengembangan Aplikasi Digital (Apps), E-Commerce (Marketplace) dan Digital Marketing.
  4. Kegiatan Promotion Bussiness Consultant untuk UMKM dan Perusahaan.
  5. Memproduksi video/film edukasi (e Learning) yang berkaitan dengan dunia Pendidikan, Digital Marketing, Pertanian, Peternakan, Perikanan, Desa Wisata, dll.
  6. Kegiatan Pengembangan dan pendataan Produk Unggulan Desa.

LOGO

Ada beberapa hal yang mendasari pemilihan logo dengan bentuk diatas :

  1. Bentuk bulat melambangkan dunia global yang penuh dinamika.
  2. Warna hijau dengan area yang lebih luas melambangkan masa Abundance (Keberlimpahan).
  3. Warna hijau tua dengan area yang lebih kecil melambangkan masa Scarcity (Kelangkaan) yang akan kita tinggalkan. Scarcity adalah masa dimana terjadi ketidakseimbangan atau ketimpangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan jumlah produk pemuas kebutuhan yang terbatas.
  4. Garis putih di tengah lingkaran melambangkan huruf L (Lumbung)
  5. Garis putih di tengah lingkaran dapat pula ditafsirkan sebagai pilihan jalan atau jalur yang akan kita tempuh, sesuai dengan potensi kita masing-masing. Berbeda jalur, tapi tujuan sama yaitu untuk memberikan manfaat bagi sesama.

SIMAK KEGIATAN YAYASAN LUMBUNG, DISINI…