LUMBUNG

Era perubahan eksponensial membuat segalanya berlimpah, maka tidak layak ada orang yang masih berpikir bahwa segala sesuatu di dunia ini terbatas. Seharusnya semua hal yang baik, cukup jika dibagi ke semua orang, inilah yang mendasari lahirnya LUMBUNG pada tanggal 17 Februari 2019, agar menjadi sebuah wadah besar yang dapat menyimpan, mengumpulkan dan mengembangkan berbagai potensi manusia dan alam, yang akan dapat digunakan untuk kemanfaatan dan kepentingan bersama.

“PINTER BARENG, KERJA BARENG…”

 

SIMAK KEGIATAN KAMI DISINI

Cara berpikir yang berkelimpahan. Mudah menolong orang lain, mensupport dan mempermudah urusan banyak orang, menebar kebaikan, berbagi ilmu dan manfaat.

Orang-orang yang memiliki scarcity mentality (lawan dari abundance) boleh jadi bisa memenangkan persaingan di masa lalu namun akan tergilas zaman di masa yang akan datang.

Era perubahan eksponensial membuat segalanya berlimpah, maka tidak layak ada orang yang masih berpikir bahwa segala sesuatu di dunia ini terbatas, hal yang baik tidak cukup jika dibagi ke semua orang, inilah scarcity mentality yang sangat tidak compatible di era yang berkelimpahan.


FAKTA

Dari 58,95 Juta UMKM di Indonesia, ternyata hanya 7,2 Juta UMKM yang telah memanfaatkan Teknologi Digital dalam kegiatan usahanya. Sungguh memprihatinkan…

Latar pemikiran diataslah yang menjadi dasar teman-teman di Pelita Desa untuk melahirkan sebuah Unit Pengembangan Potensi di Pelita Desa, pada tanggal 17 Februari 2019.

Unit Pengembangan Potensi Pelita Desa ini diberi nama “LUMBUNG”. Seiring dengan harapan, agar LUMBUNG dapat menjadi sebuah wadah besar yang dapat menyimpan, mengumpulkan dan mengembangkan berbagai potensi manusia dan alam, yang pada akhirnya nanti setelah melewati proses yang panjang maka potensi-potensi tersebut akan dapat digunakan untuk kemanfaatan dan kepentingan bersama.

Tagline/slogan LUMBUNG untuk tahun 2019 ini adalah : “PINTER BARENG, KERJA BARENG…”


TUJUAN

LUMBUNG memiliki tujuan Jangka Pendek dan Jangka Panjang :

A. TUJUAN JANGKA PENDEK

  • Membuka mindset dan paradigma masyarakat, khususnya yang ada di desa, tentang pentingnya digitalisasi bisnis usaha.
  • Berbagi pengetahuan dan kemampuan teknis dalam bidang Bisnis Online.
  • Menjadi triger/pemicu munculnya wirausaha-wirausaha digital baru Indonesia.
  • Membentuk pondasi data dan jaringan bisnis bersama.

B. TUJUAN JANGKA PANJANG

  • Menghasilkan wirausaha digital baru Indonesia, khususnya dari basis mayarakat desa.
  • Menghasilkan berbagai produk aplikasi digital yang dapat memudahkan dan membantu pemasaran produk masyarakat, khususnya masyarakat pedesaan.
  • Menghasilkan berbagai produk E-Learning yang mampu memberikan edukasi bagi masyarakat luas.
  • Melakukan kegiatan Penelitian dan Pengembangan Produk Unggulan Desa.


KEGIATAN

LUMBUNG memiliki beberapa kegiatan :

  1. Kegiatan Pelatihan Bisnis Online GRATIS untuk remaja dan masyarakat umum.
  2. Kegiatan Pendampingan dan Mentoring Peserta Kelas Bisnis Online.
  3. Kegiatan pengembangan Aplikasi Digital (Apps) dan E-Commerce (Marketplace).
  4. Memproduksi video/film edukasi (e Learning) yang berkaitan dengan dunia Pendidikan, Digital Marketing, Pertanian, Peternakan, Perikanan, Desa Wisata, dll.
  5. Kegiatan Pengembangan dan Penelitian Produk Unggulan Desa.